5 Kota Wisata Teratas di Indonesia Peraih Penghargaan Nasional dan Internasional

5 Kota Wisata Teratas di Indonesia Peraih Penghargaan Nasional dan Internasional

Mencari hal lain selama liburan Anda? Kunjungi desa tradisional Indonesia yang menawarkan kondisi alam yang asri dan asri serta lingkungan yang damai. Pemerintah telah menyiapkan banyak desa wisata di berbagai daerah dan siap memberikan nuansa unik kepada wisatawan. Berinteraksi dengan penduduk setempat, alami kehidupan tradisional yang segar dan menarik, serta nikmati lingkungan alam. Beberapa dari kota wisata ini telah mendapatkan penghargaan secara nasional dan internasional dan bahkan memenangkan penghargaan. Berikut 5 kota wisata terbaik di nusantara yang berhasil meraih penghargaan.

Desa Pemuteran Bali

5 Kota Wisata Teratas di Indonesia Peraih Penghargaan Nasional dan Internasional

Desa Pemuteran di Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng, Bali, dekat dengan Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Menjangan. Setelah 12 tahun perubahan iklim mempengaruhi ekosistem terumbu karang, perikanan dan industri ekowisata lokal, penduduk desa Pemteran tumbuh besar dan menjadikan Pemteran sebagai desa wisata. Pada tahun 2018, Lonely Planet memasukkan Desa Pemteran dalam daftar “10 Destinasi Wisata Terbaik di Asia”. Tidak seperti kebanyakan kota wisata lainnya, Pemteran juga digunakan sebagai tujuan diving dan snorkeling. Di sini Anda bisa menemukan kawanan besar ikan badut, burung beo, ikan pari, dan hiu paus yang melewati perairan ini.

Desa Penglipuran Bali

Desa Pengriplan merupakan desa wisata yang menggabungkan konsep arsitektur bambu tradisional Bali. Di sini, sebagian besar bangunan yang ada terbuat dari tanaman dan bambu di bagian dapur, pintu dan atap masuk. Identitas bangunan dan arsitektur Desa Pengriplan adalah lempengan atap bambu yang unik bagi masyarakat di sini dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Desa ini berada di dekat Kintamani, di antara perbukitan Kabupaten Bangli di Bali. Kota wisata ini menawarkan wisatawan banyak produk budaya dan tradisional lokal. Pada tahun 2018, CN Travel menempatkan Pengliplan sebagai salah satu dari tiga kota terbersih di dunia, seperti yang dipilih oleh pembaca majalah dari Moskow, Rusia.

 

Baca Juga : Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Pulau Jawa

 

Desa Nglanggeran Yogyakarta

Desa ini terletak di Ngrangeranwetan, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidur, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hidangan utama di kota wisata Nglanggeran ini adalah pemandangan panorama berbagai objek wisata dan alam yang indah. Fitur lain yang mengesankan wisatawan adalah kebaikan Cariocas. Desa ini adalah rumah bagi gunung berapi Nrangeran kuno, dan begitu Anda mencapai puncaknya, merupakan pengalaman yang tak terlupakan di mana Anda dapat menikmati suasana udara segar dan panorama kota Yogyakarta yang menakjubkan dari atas. Berbagai macam aktivitas budaya yang ada di Desa Ngrangeran juga dapat Anda jelajahi seperti Telaga Ngrangeran, Air Terjun Kedunkandan, Alat Musik, Jatilan dan Topeng Batik.

Desa Pengtingsari Yogyakarta

Desa Pentinsari merupakan salah satu pelopor desa wisata Yogyakarta. Terletak 700m di atas permukaan laut (mdpl) dan dekat dengan Gunung Merapi, vila ini terletak di Danau Umbrehar di distrik Chung Klingan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Belakangan ini, kota Pentinsari dianugerahi dan dievaluasi oleh Bupati Sleman sebagai sistem ekonomi kerakyatan. Sejak 2008, Pentin Sari telah menjadi bagian dari proyek Desa Wisata Yogyakarta. Desa Pentin Sari memberikan pengunjung pemahaman yang lebih dalam tentang alam, budaya tradisional, seni dan kearifan lokal, dan menyediakan wisata budaya dan alam sebagai daya tarik utama. Di kawasan kota terdapat banyak atraksi seperti Baturwen, Watugendon, Watupayun dan Sendansari Shower.

Desa Tamansari Banyuwangi

Desa Wisata Ta Mansari terletak di kaki Gunung Izen dan merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Gunung Izen milik Raja Banyu di Jawa Timur. Kota ini menerima gelar “Kota Wisata BumN Penggunaan Terbaik dalam Sektor Jaringan Bisnis untuk Mengembangkan Potensi Kota Wisata”. Kini wisatawan yang hiking di kawah gunung atau pulang kampung bisa melewati desa Taman sambil mengagumi keindahan alam yang mempesona. Di kota wisata ini, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas, seperti mencicipi hidangan, merasakan keramahan penduduk setempat, hingga membeli makanan khas Raja Banyu. Desa Taman Sari juga dikenal sebagai penghasil karet, cengkeh, biji kopi, dan kakao dengan kualitas terbaik. Kota ini juga memiliki julukan dan dikenal sebagai penghasil susu karena terdapat banyak peternakan sapi perah di daerah tersebut.

You may also like

Destinasi Wisata Indah di Medan

Destinasi Wisata Indah di Medan

Berencana menjelajahi tempat wisata Medan? Maka Anda tidak akan kesulitan berwisata ke ibu kota Sumatera bagian utara. Sumatera Utara menjadi...

5 Destinasi Wisata Top Jepang Untuk Pecinta Anime

5 Destinasi Wisata Top Jepang Untuk Pecinta Anime

Jepang merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Menurut Japan National Tourism Organization (JNTO), jumlah wisatawan...

7 Tempat Wisata Alam Yang Menakjubkan di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

7 Tempat Wisata Alam Yang Menakjubkan di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

Tempat Wisata di Bogor untuk Liburan – Ingin liburan singkat di lingkungan tenang yang menyegarkan pikiran? Bogor adalah destinasi wisata...

Rekomendasi Untuk Mengunjungi Pantai Terindah di Indonesia

Rekomendasi Untuk Mengunjungi Pantai Terindah di Indonesia

Ada ribuan pantai di Indonesia. Tahukah kamu pantai terindah di Indonesia? Berwisata menyusuri pantai memberikan kesan berbeda dari tempat wisata...

Back to Top