Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Pulau Jawa

Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Pulau Jawa

Purwokerto di Jawa Tengah sering disamakan dengan Purwakarta di Jawa Barat dan sebaliknya. Purwokerto memiliki pesona unik yang kerap dikunjungi wisatawan. Bagi yang belum pernah ke Kota Purwokerto, wajib mengetahui 10 Tempat Wisata Purwokerto yang benar-benar akan menyegarkan mata dan pikiran Anda. Apa yang Anda minati?

  1. Tempat Wisata Baturaden

Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Pulau Jawa

Wisata alam di Purwokerto yang paling terkenal adalah Baturaden. Sebuah tempat yang selalu asri dan segar ada di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Karamang. Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau umum di sini. Nikmati kolam renang, pemandian air panas, seluncuran, terapi ikan, sepeda air, dan kebun binatang mini. Ada juga museum dan teater di mana film budaya dan pariwisata diputar selama 10 hingga 15 menit. Harga tiketnya Rp14000 dan Anda bisa berenang, bermain sepeda air atau menikmati pemandian air panas. Jika ingin mengunjungi kebun binatang mini cukup tambahkan Rp8.000 saja.

  1. Wisata Alam Curug Gede

Ingin menyegarkan diri dengan air yang jatuh langsung dari air terjun? Langsung ke Curug Gede. Berada di lereng Gunung Slamet dan masih berada di wilayah Baturaden. Dikelilingi perbukitan, Anda bisa menikmati udara segar dengan pemandangan yang menakjubkan. Di sepanjang jalan, ditampilkan pepohonan rindang seperti pinus dan cemara gunung. Curug Gede yang Sangat Instagrampable sangat cocok untuk berfoto, apalagi karena peralatannya yang sangat bagus. Tiket masuknya murah banget, hanya Rp5000. Jika ingin bermalam, terdapat hostel, hotel dan villa di sekitar air terjun.

  1. Puncak Gunung Slamet

Bagi para pendaki, mengunjungi Gunung Slamet benar-benar suatu keharusan. Berada di ketinggian 3428 mdpl, Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Semeru di Pulau Jawa. Ada tiga rute yang ditawarkan: rute selatan melalui Baturaden, rute barat melalui Kariwadas, dan rute timur melalui Bang Bang Gan. Begitu sampai di puncak, Anda tidak akan bosan mendaki dan awan yang indah akan menyambut Anda. Jika Anda ingin mendaki, pastikan saat itu musim panas, karena jalanan licin selama musim hujan. Mohon persiapkan fisik dan mental!

  1. Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman merupakan salah satu tempat bersejarah di Purwokerto. Ada patung Jenderal Sudirman di atas kuda perunggu dengan berat sekitar 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter. Anda bisa melihat peninggalan kolonial, diorama, dan kisah hidup Jenderal Sudirman. Museum buka setiap hari mulai jam 8 pagi. Tiket masuk jam 15.30 hanya Rp3000.

  1. Wisata Balai Kemambang

Didirikan pada tahun 2014, taman ini memiliki semua fasilitas. Tidak heran jika pengunjung tidak pernah sepi. Ada naungan, tempat duduk, lounge, taman bermain, dan kolam renang. Pemerintah daerah membangunnya untuk tujuan konservasi, perlindungan, dan reboisasi. Tiket masuknya hanya 2.500 rupiah.

  1. Tempat Wisata Pancuran Pitu

Cantik dan Instagram-worth, Pancuran Pitu harus ada di bucket list Anda. Lokasinya masih satu kawasan dengan Baturaden. Kalau mau kesini bisa jalan kaki sejauh 2,5 km atau naik mobil. Pancuran Baturaden ini memiliki tujuh pemandian air panas yang konon bisa menghilangkan kondisi kulit seperti gatal dan jerawat. Ada juga Gua Bebek Sabara, berjarak sekitar 50 meter, untuk penjelajahan lebih lanjut.

  1. Wisata Alam Curug Cipendok

Dengan rasa persatuan dengan alam, elang jawa ada di sekitar Krugchipendok. Karenanya, Curug Cipendok, salah satu habitat satwa langka, selalu terjaga keindahannya. Nyatanya, beberapa monyet abu-abu merupakan spesies endemik khas purwokerto. Udaranya segar dan airnya jernih, jadi kamu bisa berenang dan bermain air. Namun, air terjun ini sangat deras sehingga Anda tidak boleh terlalu dekat dengannya. Silakan nikmati alam sampai batasnya.

  1. Bukit Watu Meja

Bukit Watumeja menawarkan pemandangan perbukitan yang khas dari ketinggian. Lokasinya berada di Kecamatan Kebasean Purwokerto. Anda bisa mendaki bukit dalam waktu sekitar 20 menit. Keteduhan akan menemani Anda selama perjalanan. Sampai ke puncak, Anda bisa menikmati pemandangan sungai dan perbukitan yang menenangkan. Ada penjual pecel dan mendonos, yang merupakan suguhan yang menyenangkan.

You may also like

Destinasi Wisata Indah di Medan

Destinasi Wisata Indah di Medan

Berencana menjelajahi tempat wisata Medan? Maka Anda tidak akan kesulitan berwisata ke ibu kota Sumatera bagian utara. Sumatera Utara menjadi...

5 Destinasi Wisata Top Jepang Untuk Pecinta Anime

5 Destinasi Wisata Top Jepang Untuk Pecinta Anime

Jepang merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Menurut Japan National Tourism Organization (JNTO), jumlah wisatawan...

7 Tempat Wisata Alam Yang Menakjubkan di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

7 Tempat Wisata Alam Yang Menakjubkan di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

Tempat Wisata di Bogor untuk Liburan – Ingin liburan singkat di lingkungan tenang yang menyegarkan pikiran? Bogor adalah destinasi wisata...

Rekomendasi Untuk Mengunjungi Pantai Terindah di Indonesia

Rekomendasi Untuk Mengunjungi Pantai Terindah di Indonesia

Ada ribuan pantai di Indonesia. Tahukah kamu pantai terindah di Indonesia? Berwisata menyusuri pantai memberikan kesan berbeda dari tempat wisata...

Back to Top